One Great Step


ogs

Ini merupakan salah satu langkah terbesar yang kupijakkan dalam 17 masa hidupku. Jurnalistik adalah talenta yang Tuhan beri padaku dan aku sangat bersyukur telah diberi sebuah talenta yang luar biasa. Terlahir disebuah keluarga terpelajar membuatku ingin menjadi seorang pribadi yang berkualitas. Latar belakang kakek adalah seorang guru seni budaya dan seorang yang aktif mengirimkan karyanya ke koran, pakdhe adalah seorang seniman, papa adalah seorang guru bahasa Inggris, dan rupanya bakat mereka menurun padaku. Aku bersyukur bisa mendapatkan itu semua, hormat kemulian hanya bagiMu Tuhan.

Setiap kali bertemu kakek ia selalu mendorongku untuk mengirimkan karya – karyaku kesebuah koran, entah itu Kompas, Kedaulatan Rakyat, Harian Jogja, Jogja POS, Bernas Jogja, atau koran – koran lainnya. Hati kecilku berkata ingin tapi timbul sebuah keraguan dalam diriku. Apakah aku bisa?

Aku sudah cukup senang bergelung dalam sebuah komunitas yang telah banyak mengupgrade talentaku, sebuah komunitas yang telah mengisi hariku selama 1 setengah tahun belajar sebagai siswa SMA. Jurnalistika MABOSA, begitulah komunitas ini disebut. Sebuah ekskul yang dirangkul oleh seorang guru pembimbing luarbiasa, Pak Adjie dan diikuti oleh siswa – siswi BOSA yang terbaik pula.😀 Aku mendapatkan banyak pengalaman baru yang berharga dalam ekskul ini dan membuatku menjadi seorang yang lebih baik dari sebelumnya.

524789_5551844781201116_1907243349_n

Belajar mulai dari time management, rasa tanggung jawab, mengembangkan ide baru, melobby orang, mewawancarai orang, ditolak sana – sini, semua itu aku dapat dalam ekskul ini dan ekskul ini telah mengubahkan hidupku. Lalu melalui ekskul ini aku perlahan mulai mengukir impian masa depanku, mau jadi apa aku besok?

Suatu saat tim Kompas MuDA datang ke sekolah dan aku begitu semangat. Ini yang aku tunggu. Ternyata mereka datang untuk merecruit volunter MuDA baru untuk bergabung ke Kompas MuDA. Lalu timbul sebuah suara dari dalam hatiku, ya, ini saatnya. Aku langsung tau bahwa ini adalah saatnya aku untuk meraih impianku tapi keraguan itu muncul lagi dan membuatku ragu – ragu. Pembicaraan demi pembicaraan kulewati bersama papa mama dan keraguan itu masih ada, karena UAS berada didepan mata kuletakkan sejenak keraguan dan segala macam pikiran yang mengganggu mengenai ini.

14 Desember 2013

Waktu itu tengah malam, tiba – tiba aku kembali terusik mengenai pendaftaran tersebut dan dengan cekatan kunyalakan laptopku dan mulai membuat curriculum vitae. Tekadku sudah bulat dan aku akan memperjuangkannya, pikirku. Jadi waktu itu sekitar jam 11.45 aku merusuh papaku yang sedang mencari bahan mengajar. Malam itu benar – benar menjadi malam penentuan dalam hidupku, sekitar jam 00.40 aku memutuskan untuk tidur. Deadline pengumpulan CV dan pendaftaran adalah besok. Aku pasti bisa!!

15 Desember 2013

Waktu itu kira – kira jam 16.30 setelah bangun dari hibernasi panjang karena ke gereja pagi aku teringat tentang CV yang tertunda, cepat – cepat kubuka laptop lalu sambil menunggu nyala aku mention twitter Kompas MuDA

Kompas MuDA3

Hingga laptop nyala dan file sudah terbuka dari pihak admin Kompas MuDA belum balas, sehingga aku memutuskan dengan langkah iman menyelesaikan CV, register, dan menjawab pertanyaan “kenapa Kompas MuDA harus pilih kamu?“.

Kompas MuDA

Sebelum kutekan submit button aku menanyakan pada papaku apakah itu semua udah benar dan ia bilang semua sudah bagus, jadi dengan jantung berdegup kencang dan perut mules disertain doa dari papa mama yang berada disampingku akhirnya kutekan submit button. Seketika perasaanku terasa ploooong.  Thanks Jesus!

Kompas MuDA2

Apapun yang terjadi nanti semua terjadi atas seijinMu Tuhan, biarlah semua berjalan sesuar rencana dan rancanganMu yang indah bagiku. Aku tau aku pasti diterima. Aku pasti berhasil. In the name of Jesus. Amen.

Leave a Reply

