Being a Good Reader


??????????

Aku sebagai seorang penulis bisa mengerti bagaimana susahnya mengumpulkan data dan mengembangkan ide demi keindahan tulisan kita sehingga pembaca dapat menikmatinya. Itu bukanlah sebuah hal yang gampang. Aku sendiri mengidap penyakit writer’s block yang selalu hinggap dipikiranku setiap kali memulai menulis suatu cerita. Untuk membuat sebuah tulisan berbobot pastilah kita memerlukan research data untuk membuat tulisan kita semakin real dan itu memerlukan waktu yang tidak sebentar.

Sekarang ini aku sedang mengikuti 2 buah fanfiction milik kak dista {x}, yaitu

forsaken1

enchanted-dd

Dua buah karya yang benar – benar memukau bagi seorang penulis pengidap writer’s block ini. Kak dista telah menjadi mentor buatku, aku membaca bagaimana cara dia menuliskan diksi dalam ficnya sehingga fic buatannya dapat terlihat apik, lalu perpindahan setting dalam cerita, cara mengembangkan ide cerita supaya gak ‘mogok’. Kurasa apa yang ia katakan cukup membantuku selama ini, walaupun itu tak membuatku menjadi seperti dia karena bagaimanapun setiap penulis memiliki ciri khas masing – masing bukan? Tapi itu tidak menutup kemungkinan bahwa aku dapat menjadi seorang penulis profesional, because I know that I can.

Kak dista ingin setiap tulisannya dapat membawa dampak bagi pembacanya, dalam arti tulisannya bukan hanya tulisan sambil lalu yang dibaca sekali lalu sudah selesai. hilang. Sehingga itu membuatnya memutuskan untuk menggembok beberapa tulisannya yang dianggap tidak cocok untuk anak dibawah umur. Sama halnya dengan tulisan dia yang berjudul Enchanted, belakangan ini kak dista baru aja mempost chapter terbaru dari fic ini dan aku begitu hillarious begitu lihat di timeline twitter bahwa sudah dipublish next chapter dari fic ini. Lalu aku teringat di chapter terakhir kak dista bilang bahwa ia akan menggembok chapter selanjutnya, hatiku langsung mencelos. Untuk mengonfirmasi aku mention kak dista dan ternyata memang benar fic chapter ini digembok. Ya mau gimana lagi, officially umur 17 baru tanggal 22 nanti sedangkan batas umur buat dapet password minimal 18 tahun. As a snart reader who respect the author, aku tidak coba – coba untuk menghalalkan segala cara untuk mendapatkan password chapter fic bergembok itu.

Lalu tiba – aku melihat kak dista ngetweet :

kakdistaSetelah baca tweet dia yang satu itu aku ya langsung scroll down karena aku tak tau dibalik penulisan tweet itu apa. Lalu 3 hari kemudian tweet kak dista tersebut muncul :

kakdista1

Aku langsung mengerti apa maksud tweet kak dista 2 hari silam. Ruapanya ada oknum – oknum tidak bertanggung jawab yang berbuat ulah. Lalu hari ini aku datang berkunjung ke blog kak dista dan menemukan post baru disana {x}

Sebagai seorang penulis, tentu aja aku ingin tulisanku bisa dibaca dan dinikmati banyak orang. Semakin banyak yang tau, semakin baik. Tapi di saat yang sama, aku nggak menulis hanya untuk memuaskan hasrat kamu terhadap imajinasi apapun yang kamu punya. Aku pun punya tanggungjawab moral yang harus aku ampu. Aku punya prinsip tersendiri yang harus aku jaga karena aku nggak mau menulis bacaan sampah yang hanya kamu nikmati sambil lalu tanpa bisa diambil intisarinya.

Aku nggak mengunci tulisanku untuk menarik banyak pembaca, karena aku ingin di-follow atau dicari” hanya untuk minta password. Buat aku yang penting adalah seberapa besar pemahaman yang bisa diambil dari sana.

Aku setuju banget dengan yang kak dista katakan lewat tulisan yang ia publish hari ini tersebut.  Aku sangat memaklumi tindakan yang kak dista ambil setelah apa yang oknum – oknum tersebut lakukan dan itu telah merugikan banyak pihak yang telah berusaha menjadi good reader. Yah, semoga oknum – oknum tersebut dapat bertobat dan menyadari kesalahannya sehingga hal seperti ini tidak marak terjadi bagi semua author.

Buat kak dista tetap semangat ya kak, jangan berhenti berkaya karena aku akan selalu disini mendukung kakak.. Ditunggu kelanjutan forsakennya kak😀

2 comments
  1. N2 said:

    Aku berkunjung balik, hihihi.
    And the surprise is… kamu juga ternyata pengagum Kak Dista!

    Aku sepenuhnya setuju sama semua opini kamu di atas, dan sejujurnya aku juga tertarik untuk baca Enchanted. Tapi, berhubung untuk bagian-bagian terakhir digembok dan aku belum sampai di umur yang diperbolehkan untuk minta password, maka kuputuskan untuk menunda membaca tulisan tersebut secara keseluruhan hingga waktunya tiba, dibandingkan aku harus memalsukan data diri dan ngerugiin diri sendiri.

    oh ya, aku juga suka sama gaya penulisan kamu, simply but fun.
    Aku selalu suka penulis yang bisa mengembangkan apa yang dipikirkan sampai membuat pembacanya ikut terhanyut dalam tulisannya.

    Teruskanlah semangat mu menulis, karena kamu tahu kamu memang bisa🙂

    -Neo-

    • wow, thanks udah dateng balik..
      Yeah, aku begitu emosi bgt tau tindakan oknum” tsb, sgt tidak brtanggung jawab dn itu merugikan banyak pihak..
      aku baca enchanted sampe akhir *minus chapt gembok* dan aku masih bisa ngikutin jalan cerita tanpa perlu baca chapt gembok.. it semua kembali ke diri pembacanya sih..
      thanks, we all can do it..

Leave a Reply

