3 Terbaik Dari yang Terbaik : Lomba My Best of Haru


1495450_597795236941579_59673753_n

Paper Romance

Ini adalah novel yang paling aku suka dari semua koleksi buku penerbit Haru yang kukoleksi. Kak Lia selalu menghadirkan cerita yang baru dan fresh disetiap novel terbarunya. Hal – hal simple yang biasa kita temui tiap hari dapat ia olah menjadi sebuah karya yang memukau dan pantas untuk diperbincangkan. Ia mampu menghidupkan setiap karakter dalam novelnya dengan baik.

Karakter Kev—seorang penulis novel bermulut tajam dan penggerutu, tidak membuatku sebagai pembaca membencinya karena kak Lia menghadirkan tokoh lain yang dapat membuat Kev hilang akal—Nadia Shari. Lalu ada Hadri, satu – satunya orang yang dapat menghadapi sifat Kev yang tempramental dengan sabar dan tetap setia pada teman sekaligus artis asuhannya itu. Meskipun perang mulut kadang terjadi diantara mereka tapi ia memang merupakan pawang Kev yang paling ampuh. Nathan! Sosok pria bule yang sangat open minded ini telah mencuri setengah konsentrasiku saat membaca Paper Romance, karena aku sibuk membayangkan seperti apa sosok rupawan cowok bule pencinta anak – anak ini. Eli—sekretaris Kev yang mampu bertahan lama setelah sekian banyak sekretaris yang memecat diri sendiri karena sifat Kev yang sapenake dewe . Cewek yang telah mengubah sosok tempramental Kev menjadi seorang yang memiliki kontrol.

Penampilan novel ini sangat eye catching, yaitu bagian sudut kanan atas novel hilang alias kroak. Sempat aku berfantasi tentang penyebab hilangnya kesempurnaan bentuk novel tersebut. Mungkin saja karakter Kev yang sedang uring – uringan menjadi nyata dan melampiaskan emosinya pada novel  dimana ia diceritakan. Membayangkan Kev melakukan hal bodoh tersebut membuatku tergelak. Yah, tentu saja itu cuma terjadi dipikiranku aja. Sosok gadis kecil berusaha keluar dari antara lembar buku tersebut adalah salah satu penyebab mengapa novel ini menjadi eye catching.

Lalu kita pasti pernah disajikan berbagai macam adegan romantis dari film dan novel romantis. Sehingga kita sering membayangkan hal tersebut terjadi dalam kehidupan nyata, kita berpikir hal itu akan menjadi sangat menyenangkan jika terjadi. Scene ketika Eli ulangtahun dengan sebuah pin bertuliskan “Today is my Birthday” tersemat ditopinya dan semua staff dan crew film Love Note mendapat pin bertuliskan “Today is Eli’s B-day!”. Hal tersebut akan terlihat romantis dalam novel dan film tapi ketika itu terjadi di dunia nyata that even not romantic. Satu hal yang kupelajari dari novel ini, gak selamanya adegan romantis akan tetap romantis ketika itu terjadi di dunia nyata. That’s why I like this novel so much.

Seoulmate

So,it’s my second fave novel from penerbit Haru.Waktu pertama kali liat Seoulmate dibagian rak fiksi Gramedia aku tertarik dengan sosok pria berhoodie hitam yang melayang. Kuambil Seoulmate dari rak dan membaca sinopsisnya lalu cepat – cepat kukembalikan lagi ke rak. Alasan mengapa aku mengambil tindakan tegas tersebut karena aku tidak suka dengan hal – hal yang berhubungan dengan hantu. Aku bukan tipe orang yang suka dengan hal yang berbau horror semacamnya tapi suatu saat temanku memberiku beberapa novel dan salah satunya novel ini, dengan keberanian yang telah terkumpul beberapa persen kuputuskan untuk membaca novel ini dan it’s look interesting. Aku selalu membaca novel ini waktu siang karena walaupun novel ini tidak horror sama sekali tapi parno tetap menyerangku ketika aku mencoba membacanya malam hari.

Dengan perasaan greeng, greeeng, ketika para Soul dan Mate beraksi menyelesaikan proposal aku perlahan jatuh cinta dengan cerita yang kak Lia sampaikan. Cerita ini sangat unik, dimana manusia membantu para hantu gentayangan untuk menyelesaikan masalah tertinggal mereka supaya dapat pergi menuju cahaya.

Sebuah kisah unik kembali kak Lia berikan untuk para pembaca setianya. Kisah cinta yang muncul antara manusia dan hantu sangatlah tidak umum. Apalagi si hantu adalah hantu amnesia. Great job, kak Lia! Kau bisa membuatku jatuh cinta pada karyamu yang satu ini. Novel ini sama sekali tidak ada unsur spookynya. Sun berhasil mengajakku berkeliling Korea saat membaca Seoulmate, ia telah berhasil melakukan pekerjaannya sebagai tour guide dengan baik, bahkan tanpa datang kesana langsung aku bisa menikmati Korea dengan baik. Jang—si hantu amnesia, lucu sekali hantu yang satu ini, sifatnya jauh dari image hantu yang menyeramkan. Love this novel so much.

Oppa & I

So, this is my third penerbit Haru’s favorite novel. Kali ini kak Lia memutuskan untuk berduet dengan penulis Infinetly Yours­—kak Okke. Aku mendapatkan novel ini dari tanteku waktu aku sakit DB supaya aku cepet sembuh dan aku girang bukan main dapet novel ini. Timeline twitterku ramai membicarakan novel ini dan membuatku ingin membelinya, tapi tiba – tiba badanku panas dan drop sehingga kesempatan untuk beli novel ini jadi tertunda. Ternyata Tuhan sungguh baik, Ia mendengarkan seruah hati anakNya. I get this novel for free!

Novel ini bercerita tentang hubungan saudara kembar yang beberapa lama tinggal terpisah dan akhirnya bersama. Konflik yang kak Lia dan kak Okke sampaikan dalam novel ini benar – benar real, konflik yang sering terjadi pada hubungan kakak-adik pada umumnya. JaeKwon yang easy going dan JaeIn yang introvert merupakan perpaduan yang sangat pas. Meskipun Oppa & I bukan merupakan novel romance yang sedang banyak digandrungi, Oppa & I mampu menyajikan sebuah kisah hangat seputar hubungan kekeluargaan.

Entah mengapa aku mulai jatuh hati pada SeungWon ketika pertama kali ia muncul dalam novel ini. Saat ia tersenyum pada JaeIn ketika JaeIn memutuskan untuk duduk dibangku kosong belakang meja miliknya. Aku membayangkan ia tersenyum dengan 2 buah lesung pipit menghiasi kedua sisi pipinya. It’s just my imagination.

Kegilaan JaeKwon pada girlband telah mengocok perutku, apalagi membayangkan ketika ia menyanyi dan menarikan lagu Oh! milik SNSD. Aku membayangkan tinggal satu atap dengan seorang fanboy yang kerjaannya menari dan itu adalah kakak kita sendiri. Kejadian yang mungkin terjadi pada beberapa gadis didunia ini.

Novel ini merupakan maha karya yang luarbiasa dari 2 penulis yang telah tenar namanya dikenal orang. Mereka sanggup bekerjasama dalam menyatukan ide mereka dan menciptakan karakter demi karakter dalam novel ini dengan alur cerita yang beda dari yang lain, yaitu tentang keluarga. 4 jempol kukasih buat kakak – kakak ini.

share

Itu adalah novel koleksiku dari penerbit Haru, aku baru punya 6. Buku – buku dari penerbit Haru yang udah aku beli semuanya memiliki keunikan cerita masing – masing dan aku tidak pernah kecewa mengeluarkan uang untuk beli novel – novel terbitan dari Haru karena semuanya sebanding. Antara kualitas cerita, kertas, dan cover dengan harga yang Haru berikan sebanding. Dan juga tolong banyakin nerbitin novel yang latar ceritanya di Indonesia. Overall, Haru has done a great job. Semoga kedepannya Haru dapat memberikan yang terbaik untuk pembaca seperti yang sudah – sudah. Happy birthday Penerbit Haru! May God Bless you~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: